January 13, 2017

Tips Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel

Share it Please
Tips Lulus SBMPTN tanpa Bimbel


Disclaimer: Post ini bukan untuk iklan ebook atau kursus online, apalagi spam, dan bukan juga untuk pamer, melainkan untuk membagikan tips based on personal experience untuk bisa lulus SBMPTN tanpa les. 

Halo Pejuang SBMPTN!! Disini aku mau berbagi cerita tentang pengalaman aku mengikuti SBMPTN tahun 2016 kemaren. Nah buat adik adik SMA kelas 12 yang belum melaksanakan UN. Lebih baik sih saran aku, kalian lebih mateng-in persiapan kalian buat ngadepin SBMPTN daripada UN. Why? dari pemikiran aku sih, UN jadiin tantangan aja. Lagipula, kaka kelas kalian buktinya pada lulus kan? berarti kalian juga bisa lulus dong. Tapi aku ga saranin juga sih buat kalian, untuk ga belajar buat UN. Tetep harus belajar. Demi masa depan cerah! #apaansi

Nah dulu itu, aku belajar buat SBMPTN sekitar 1,5 bulan aja. Tapi, cara belajar aku untuk UN dan SBMPTN beda banget! Kalo belajar buat UN tuh ya paling cuma malem doang itupun cuma 1,5 jam. Trus kalo SBMPTN, aku belajarnya itu pagi baru bangun, siang, malem dan kadang sampe tengah malem. Oke aku jadi rajin belajar karena aku dapet motivasi belajar dari temen-temen yang lain(?). Soalnya nih ya, aku ikut grup belajar (khusus SBMPTN) di line gitu. Nah di grup belajar itu, sering bahas materi SBMPTN. Waktu lagi diskusi di grup belajar, aku sama sekali ga ngerti apa yang mereka bicarain *pas pelajaran ekonomi nih*, trus munculah sesuatu di pikiranku "Lah orang-orang kok udah pada bisa ya? Sedangkan aku? Tapi tenang masih ada waktu. Aku harus belajar, aku harus bisa jawab 50% soal SBMPTN dengan benar". Kenapa aku pengen 50% harus benar? Kenapa ga 90%? Hal ini terkait dengan passing grade. Apa itu passing grade dan bagaimana passing grade dapat membantu kita dalam SBMPTN? Bisa klik disini. Btw kalo 90% bener, itu udah dewa banget lah!

Nah dari sana tu muncul motivasi buat belajar lebih giat lagi. Ditambah lagi, aku punya temen senasib seperjuangan juga. Dia tuh belajarnya rajin banget. Setiap ada soal yg dia ga bisa kerjain, dia pasti suruh aku bantuin. Jadi, otomatis aku ikutan belajar juga hehe. Begitu pula sebaliknya, kalo aku ga bisa, ya tanya ke dia.

Untuk persiapan SBMPTN sendiri, aku cuma beli 1 buku SBMPTN yang banyak dijual di toko buku. Btw, aku udah beli buku SBMPTN sebelum pengumuman SNMPTN. *kaya udah punya feeling gitu gabakal keterima di sn*. FYI, kalo kalian lintas jurusan (misalnya anak ipa milih jurusan akuntansi), please jangan terlalu ngarep lulus sn yah! 

Nah berhubung aku ga ikutan bimbel apapun. Jadi penting, kalo beli buku SBMPTN yang harus ada kunci jawabannya. Selain itu, kunci jawabannya juga disertai pembahasan jadi kita bisa paham kenapa jawabannya salah/benar. Adanya pembahasan ini penting sih, karena buku ini menggantikan guru les yang bisa jelasin kenapa jawaban kita salah/benar. Biasanya kalo masih ga sreg atau kurang yakin sama jawaban di pembahasan, biasanya aku tanya sama temen seperjuanganku (pokoknya temen ku ini the best, bisa diajak diskusi dan yang paling penting ‘fast response’ ) atau ke temen grup line itu. Oiya, cuma untuk TKD Soshum, aku download e-book nya (untuk menghemat pengeluaran hehe). Aku dapet di salah satu OA line juga. Kalo kalian mau, please comment below. Kalo TPA umum, itu pelajaran SMA mah, jadi lumayan bisa dijawab lah sedikit ketimbang soshum.

Nah masalah pengerjaan soal, waktu itu ‘kira-kira’ TPA aku bisa jawab 6/8. Matdas aku jawab 1/2 ,bhs indo 3/4, bhs inggris 0. Trus kalo TKD soshum, sejarah 1/5, ekonomi 1/2, sosiologi 3/4, geografi 1/2. Dulu ada isu ‘nilai mati’, jadi gaboleh ada jawaban yang kosong, misalnya nih kaya aku bhs inggris kosong semua, itu katanya udah pasti galulus. Tapi waktu itu aku gajawab, karna emang waktunya kurang, trus lirik soalnya sedikit, yaampun.. bacaan semuaa! mana panjang panjang lagi *haduh*. Dan itu soal kalo dijawabpun, aku pasti bakal salah,  jadi aku fokus ke TPA aja.

Btw soal TPA nya tahun 2016 kok bikin miris ya :’)
SBMPTN 2016
Source: MathQnA

Berikut adalah tips untuk lulus SBMPTN:
 
  • Giat dan Tekun lah belajar guys! Bangun motivasi di diri kalian "Aku harus bisa lulus SBMPTN" . Bila perlu, kalian bisa add oa line seputar SBMPTN. Karena menurut aku itu sangat berguna banget! Karena kalian tiap hari diajak buat ngerjain soal latihan buat SBMPTN, ada info-info menarik ttg SBMPTN, dan ada try out tiap 2 bulannya kalo gasalah. Nah lumayan nambah latihan simulasi SBMPTN kan? OA line nya: @susbmeducation , @masukptn , @info3sma , @mathqna . Oiya rajin rajin ngerjain soal SBMPTN tahun lalu juga ya. 
  • Jawab pertanyaan yang mudah terlebih dahulu. Ini penting banget. Soalnya waktu itu, pas bagian TPA, waktunya itu kerasa cepet aja gitu. Oiya, jawab kalo emang udah yakin jawaban kamu benar ya. Soalnya, kalo salah itu -1 dan ga jawab itu 0.  
  • Sarapan sebelum bertempur. Jangan lupa bawa air mineral juga. Aku pernah baca di google, kalo air itu bisa meningkatkan daya konsentrasi. Jadi kalo kamu lagi jawab soal nih, trus ga nemu jawabannya *matdas nih biasanya* kamu bisa minum air dulu trus doa, trus coba jawab lagi deh, pasti tetep ga bisa jawab wkwk. #justkidding
  • Berdoa. Berdoa saat sebelum ujian, agar kamu bisa jawab soal dengan baik. Setelah ujian? Berdoa juga. Minta yang terbaik sama Tuhan dan ber-terimakasih-lah karna kamu udah bisa hadir dan bisa mengerjakan soal *walaupun bisa atau ga bisa jawab soal, kamu harus tetep bersyukur *. Jangan lupa juga minta doa restu orang tua.  
  • Down to earth. Ga boleh sombong. Walaupun kamu bisa jawab sebagian ataupun hampir keseluruhan soal dengan baik. Jangan sombong dulu. Belum tentu jawaban kamu benar kan?  
  • Datang, kerjakan, lupakan. Lupakan dalan konteks ini, kalian abis ngerjain soal nih yaa.. yaudah ga usah nanya "eh tadi yang no 2 jawabannya c ga sih?" "Yang no 4 d gasih?" Slow bro! Kalaupun tau kalo kalian ternyata jawab salah, kalian emang bisa ganti jawaban ? Yaudahlah, yang penting pada saat itu kamu udah jawab dengan baik dan jujur. Selebihnya, serahin sama yang di atas. Lebih baik kalian ngeceng dulu di Mekdi, makan, ngobrol atau langsung pulang ke rumah dan tidur, karena kalian baru aja melakukan perjuangan yang sangat besar dalam hidup kalian. 
  • Dateng H-1 jam sebelum ujian. H-1 hari, kalian harus udah tau lokasi ujiannya. Jadi, pas hari H, gaada yang namanya tersesat, gatau jalan. Kenapa ini perlu kamu lakuin? Karena dateng lebih awal, kamu jadi tau situasinya kaya gimana, dan lebih tenang mengerjakan soal. Dibandingkan misalnya nih ya, kamu telat, nah pasti pikiran itu udah kacau, ga tenang, deg-degan, kemungkinan besar pas mau jawab nge-blank deh *kecuali kamu orangnya santai* 
  • Berteman dengan orang yang 1 misi sama kamu. Oke, ini kesannya kayak milih-milih temen. Tapi guys, kalo kamu bertemen sama orang yang sama-sama berjuang untuk lulus SBMPTN, orangnya itu pinter, positif, dan bisa diajak diskusi. Kemungkinan besar kamu lulus SBMPTN makin besar. Percaya atau tidak, kalo kamu berada diantara orang-orang positif kamu akan menjadi orang yang positif.
Sekian tips dari aku semoga bermanfaat. Ternyata bener yang dibilang orang-orang, "usaha tidak pernah mengkhianati hasil". Aku yakin, setinggi apapun kamu nentuin target. Tapi kalo dibarengi dengan usaha dan doa, pasti bakal terwujud.  Kalaupun target kamu tidak tercapai. Ingat! Tuhan punya rencana yang lebih indah untuk kamu! Jalan menuju perguruan tinggi itu ga cuma satu, ga lulus jalur SBMPTN, masih ada jalur mandiri, dan PTS juga ga masalah kok (jangan underestimate univ swasta guys). Good luck for SBMPTN!!!

- Pejuang SBMPTN 2016

4 comments:

  1. Replies
    1. terima kasih semoga ada hal positif yang bisa diambil hehe

      Delete
  2. Kak boleh nanya2 tentang prodi akuntansi? Saya lulus sbmptn tahun ini di prodi akuntansi, tapi pengetahuan saya tentang prodi akuntansi dan apa-apa aja yang akan dipelajari masih kurang. Kalau boleh, share kontak kakak ya kak, entah fb, line, atau whatsapp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, boleh bgt kok dik. Bisa langsung email aja ya nimade.dwiyantini@gmail.com nanti disana aku kasi tau line aku thanks :)

      Delete