May 14, 2017

Tips Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Seorang Pelajar

Tips Mendapatkan Uang dengan Mudah

Haloo selamat hari minggu guys! Minggu kemaren maaf banget ga sempet posting dikarenakan tugas kuliah yang memang sangat padat, beberapa kuis yang materinya berat dan cukup membuat otak ini menjadi lelah, dan tugas kepanitiaan lainnya. And finally, aku bisa menyelesaikan tulisan di blog ini. Btw, SBMPTN tinggal dua hari lagi nih guys. Aku cuma mau ngasi tau, banyak-banyak berdoa dan selalu jaga kondisi fisik maupun mental ya. Semoga kalian yang ikut SBMPTN di mudahkan dalam mengerjakan soal-soalnya dan bisa lulus di Universitas impian kalian. For you guys, yang belom baca postingan aku tentang SBMPTN, kuyy segera dibaca. Tips Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel

Pernah gak sih, kalian kalo mau beli apa-apa itu mikir dulu punya duit atau engga? Terutama nih anak kosan yang di akhir bulannya makan mie instan doang atau mungkin makan kerupuk pake kecap. Haduhh.. Tapi kalo mau kuliah sambil kerja, takutnya ganggu waktu kuliah kamu, alih-alih keasikkan nyari duit eh kuliah kamu terbengkalai. Duh, gaboleh yaa.. Tapi selama kamu bisa ngatur jam kuliah dengan jam kerja sih sah-sah aja. Trus gimana caranya? Nah kali ini aku mau memberikan tips tentang bagaimana seorang pelajar baik itu anak yang masih sd sampai anak-anak kuliah yang ingin menghasilkan uang tambahan tanpa mengganggu waktu belajar kalian. Check this out!

1.    Penulis
Menjadi seorang penulis sebenarnya susah susah gampang, bagi kalian yang suka menulis cerpen, artikel, atau apapun. Cobain deh jadi seorang penulis lepas (freelance writer). Kalian bisa mengirim tulisan-tulisan ke majalah, atau website-website yang membutuhkan jasa freelance writer. Kalian bisa search di google kok, ada banyak yang sedang membutuhkan jasa kalian. Untuk fee-nya itu sendiri bermacam-macam tergantung dari seberapa banyak kamu membuat tulisan dan kualitas tulisan kamu itu sendiri. Jangan menyerah bila nantinya tulisan kamu ditolak yaa, karena itu akan menjadi hal yang biasa jika kamu menjadi freelance writer. So, yang sangat dibutuhkan disini adalah kemampuan menulis kalian, mempunyai banyak ide-ide kretif, tekun, dan tidak pantang menyerah.

2.    Guru Privat

Bagi kalian yang mempunyai kesabaran yang tinggi dan tentunya ilmu pengetahuan yang memadai, kalian bisa menjadi guru privat. Untuk permulaan, kalian bisa mengajar adik-adik kalian (misalnya tetangga atau saudara), jika kalian mengajar dengan baik dan bisa membuat mereka (murid kalian) mengerti dengan cepat. Ada kemungkinan besar, orang tua dari murid kalian, pasti menawarkan untuk mengajarkan anak mereka secara rutin dan pastinya mereka akan memberikan fee buat kalian. 

Misalnya, kalian suka dan menguasai ilmu matematika yang menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar anak-anak, coba kalian ajarin adik-adik kalian atau minta adik-adik kalian membawa temannya untuk belajar bersama yang tentunya dengan cara belajar  yang menyenangkan. Nah jika mereka menyukai kalian dan mengerti dengan apa yang kalian ajarkan pada mereka, tentu saja mereka akan selalu meminta kalian untuk mengajari mereka. Dari situ, kalian bisa mematok fee untuk sekali mengajar. Misalkan saja 5 ribu/ orang. Jika dalam sehari saja kalian bisa mengajar 5 orang, 25 ribu sudah ditangan kalian. 25 ribu itu baru sekali mengajar, bagaimana jika sehari kalian bisa mengajar sampai 4 kali di tempat yang berbeda? 100 ribu sudah kalian kantongi dalam sehari. Sound’s great yeah? 

3.    Bisnis

Pernah gak, kalian jalan-jalan trus tiba-tiba kalian melihat baju yang harganya murah-murah banget dengan kualitas oke dan satu hal yang pertama kalian pikirkan adalah….. get more money! Not spend more money but get more money. That’s two different things. Yup, if “getting more money” is the first thing in your mind you guys deserve to be called as a commercial person. Kalian bisa jual lagi, baju-baju tersebut dengan harga-harga yang dapat bersaing di pasaran. Jika kalian mempunyai kemampuan marketing yang bagus, aku pastikan barang kalian akan habis terjual  as soon as possible. 

Nah tipsnya, kalo kalian baru mau mulai untuk berbisnis. Pastikan bisnis yang kalian pilih itu merupakan hobi kalian sendiri. Misalnya, kalian suka belanja baju, of course kalian tau banyak mengenai baju-baju yang lagi ngehits, bahan yang bagus, dan tentunya harga yang sesuai dengan kualitas baju tersebut. Jadi, nantinya kalian bisa dengan mudah menentukan harga dari produk kalian sendiri agar harga tersebut dapat bersaing di pasaran. Kalian bisa memulai dengan berjualan baju secara online maupun offline tergantung budget kalian yaa. Tips lainnya, kalo kalian udah mulai suatu bisnis, please do the best you can do. Harus totalitas dan gak boleh setengah-setengah. Kalo kalian udah milih untuk berbisnis, berarti kalian siap menghadapi resiko karena  dalam menjalankan usaha bisnis pasti akan ada ups and downs. Disinilah jiwa bisnis kalian diuji, jika kalian jatuh cobalah untuk bangkit, jatuh 1000 kali maka bangkitlah 1001 kali. Good luck!

4.    Photographer

Bagi kalian yang suka foto-foto, kalian bisa jual hasil jepretan kalian ke internet. Atau mungkin kalian suka foto-foto pemandangan alam? Kalian bisa upload foto kalian di instagram, dan jika memang foto-foto kalian unik, followers kalian akan bertambah dalam waktu yang sangat cepat dan besar peluang kalian untuk mendapatkan endorse dari pihak-pihak tertentu seperti agent tour, hotel, villa, dan yang lainnya yang berhubungan dengan foto apa yang kalian upload. 

5.    Winning competition

Okay, bagi kalian yang mempunyai tingkat kecerdasan di atas rata-rata, kalian bisa mengikuti beberapa ajang perlombaan baik kecamatan sampai internasional. Dengan memenangkan sebuah perlombaan, kalian pasti akan mendapat reward berupa uang. Sebenarnya, selain uang, ada banyak banget sih manfaat kalian menang di ajang perlombaan, seperti misalnya kalian pasti akan mendapat sertifikat which is bisa dipake untuk daftar kuliah (if you are student in senior high school), dapet trophies dan medals yang bisa digunakan untuk hiasan di rumah, dan of course you get a prestige. Oiya, ini berlaku bagi perlombaan akademik dan non-akademik yaa, jadi rajin-rajinlah mengembangkan bakat kalian agar nantinya bakat tersebut bisa membawa kalian menjadi seorang pemenang. 

6.    Beasiswa

Last but not least is scholarship program. Kalian juga bisa mendapatkan uang tambahan dari program beasiswa yang ditawarkan di sekolah kalian. Jadi, kembali lagi ke poin 5, jika kalian udah memenangkan banyak perlombaan di beberapa ajang bergengsi. Besar kemungkinan kalian untuk mendapatkan beasiswa. Jadi, jika kalian tidak punya jiwa bisnis, kalian tidak punya kesabaran dan kemampuan mengajarkan orang dengan baik, tidak memiliki kemampuan menulis yang baik, dan tidak punya kamera untuk menghasilkan jepretan yang bagus, inilah salah satu jalan untuk mendapatkan uang tambahan.
So, that's all tips that i can shared for you guys. I hope this article can help you to get more money as a student. If you have another ways for getting more money, i'm so glad if you want to share on the comment box below. Thank you! xoxo
Read More