March 25, 2017

Tips Membuat Oreo Cheesecake Tanpa Oven

Tips Membuat Oreo Cheesecake Tanpa Oven

Hai guys, kali ini aku memposting sedikit hal yang berbeda dari postingan aku sebelumnya. Cooking time! Resep ini aku cobain waktu liburan semester panjang yang membosankan. Nah sekarang aku mau bagi-bagi tips ke kalian cara buat oreo cheesecake tanpa oven. Pokoknya gampang banget, ga pake ribet. Uhuyyy... Hal pertama dan yang terpenting yang harus kalian siapkan adalah niat. Kemudian duit untuk beli bahan-bahannya. Kalo minta bahan ke tetangga juga boleh, asal dikasi sama dia. Yuk lanjut ke bahan-bahan yang diperlukan aja yaa...

Bahan
100 gr - keju parut
400 ml - susu cair
1 sachet - susu kental manis
3 sdm - gula pasir
2 sdm - tepung maizena (larutkan dg air 20ml)
1/2 sdt - garam

1 bungkus - oreo 
Tips Membuat Oreo Cheesecake Tanpa Oven

Langkah 
1. Pisahkan oreo dengan krimnya, untuk krim nanti dicampurkan dengan bahan lain sedangkan oreo dihaluskan/diremah. Cara meremahkan oreo, masukan oreo ke kantong plastik lalu pukul-pukul dengan sendok nasi atau alat yang sekiranya dapat meremukkan oreo (apapun itu yang ada di dapur). Pukul-pukul oreo sampai oreo benar-benar halus.

2. Campur susu cair, susu kental manis, gula pasir, garam, keju parut, dan krim oreo. Masak dengan api kecil sampai mendidih. Kemudian masukan maizena yang sudah dilarutkan, sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk. Tunggu sampai meletup-letup. Matikan api.

3. Masukkan adonan dalam wadah, adonan-oreo-adonan-oreo sesuai selera. Kemudian taburkan parutan keju di atasnya. Biarkan sebentar sampai panasnya hilang. Masukkan ke dalam freezer karena oreo cheesecake ini sangat nikmat disajikan dalam keadaan dingin.


Tips Membuat Oreo Cheesecake Tanpa Oven

So, that's all tips that i can share for you. I hope you really apply it in your daily life. If there's things that you want to add, please leave a comment below. Thank you and Happy trying guys! xoxo
Read More

March 18, 2017

14 Tips Mengatur Waktu yang Efektif agar Lebih Produktif dalam Keseharian

Mengatur Waktu agar Lebih Produktif

Bill Gates, Microsoft. Mungkin nama yang tidak asing di telinga kita. Bill Gates adalah orang terkaya no. 1 di dunia. Lalu apa yang membedakan kita dengannya? Padahal kita sama-sama diberi waktu 24 jam sehari, sama-sama bisa tidur, sama-sama bisa menikah dan punya keluarga. Tapi mengapa perbedaan taraf hidup dan penghasilan begitu berbeda?

Hal paling fundamental dan mencolok adalah WAKTU yang ia gunakan begitu bernilai mahal di mata dunia. Ini yang menarik untuk dipikirkan. Artinya, kita semua punya kesempatan yang sama untuk menyamai atau belebihi seorang Bill Gates. Asal waktu yang kita gunakan sama pentingnya seperti kebiasaan-kebiasaan (habit) yang telah ia lakukan setiap hari.

Kebanyakan orang sukses mempunyai kebiasaan (habit) yang kurang lebih sama. Dua diantaranya adalah CEO top dunia, Bob Iger (CEO Disney) dan Tim Cook (CEO Apple) mempunyai kebiasaan yang patut untuk dicontoh.

Bob Iger, Ceo Disney memiliki kebiasaan penuh disiplin yaitu bangun pukul 04.30 setiap harinya. Kemudian waktu itu ia manfaatkan untuk membalas e-mail masuk, melihat berita di TV, membaca koran, dan mendengarkan musik-musik positif yang dapat membuat semangat dalam menjalani rutinitas harian.

Tim Cook, CEO Apple memiliki kebiasaan bangun pagi. Dari beberapa sumber yang aku baca, ia bangun pukul 04.00 dan langsung membalas e-mail, kemudian pukul 05.00 dia sudah mulai berolahraga di tempat gym. Ia juga dikenal sebagai pimpinan yang datang lebih awal ke kantornya, dan pulang lebih akhir.

Dari kedua CEO tersebut, dapat kita perhatikan bahwa mereka bangun lebih awal. Memulai aktivitas lebih awal. Obviously, mereka juga menggunakan waktu se-efektif mungkin.

Agar waktu yang kalian punya semakin efektif dan mengantarkan kalian pada pencapaian-pencapaian terbaik yang kalian inginkan, maka kalian harus lakukan langkah-langkah ini.

1. Membuat Rencana Kerja Harian Secara Detail di Waktu Malam Hari Sebelum Tidur

Segala yang teratur maka mudah untuk diukur, begitu juga dengan waktu dan kegiatan harian kalian. Semakin teratur maka semakin baik produktivitas kalian. Dalam hal ini, kalian harus memiliki sebuah agenda. Agenda yang penuh dengan catatan-catatan harian. Ingat, sukses adalah perjalanan panjang yang dimulai dari langkah-langkah kecil setiap harinya. Komitmen kalian untuk berubah dari hal-hal kecil seperti ini akan mengundang sukses besar kalian di masa depan.

2. Buat Skala Prioritas

Berikan urutan di setiap tindakan yang telah diatur di hari sebelumnya. Dari mulai yang terpenting sampai yang tingkat kepentingannya kurang. Sehingga kalian akan tau aktivitas apa saja yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Sehingga kalian mengerti prioritas yang akan kalian kerjakan atau yang akan kalian tunda. Tapi jangan ditunda-tunda terus yaa..

3. Tegas Menjalankan Rencana Harian Kalian

Dalam menjalankan rencana-rencana harian kalian akan dihadapkan pada berbagai tawaran-tawaran yang terkadang dapat membelokkan kalian dari tujuan awal. Disinilah komitmen kalian diuji.

Mulai sekarang kalian harus bisa mengatakan "Tidak" untuk hal-hal yang diluar rencana kalian, yang tentunya tidak berfaedah sama sekali bagi masa depan kalian. Misalnya, ketika kalian diajak untuk pergi ke mall untuk sekedar jalan jalan atau berbelanja, padahal di hari yang sama kalian masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Just say "No" to your friend. Walaupun nantinya kesetiakawanan kalian dipertanyakan. Tapi daripada kalian membuang waktu kalian untuk hal yang tidak berfaedah? Let's think about it. Jalan sesekali boleh, asal jangan terlalu sering. Manfaatkan waktumu untuk hal-hal yang sekiranya dapat berguna di masa depan kalian.

4. Tunda Hal yang Kurang Penting

Memang menunda adalah hal yang dilarang untuk kalian yang ingin sukses di usia muda. Tetapi menunda dalam konteks ini adalah menunda hal yang kurang penting tetapi tetap harus dilaksanakan. Hal-hal yang penting tetap didahulukan, dan di bawah itu kalian boleh tunda sampai waktu yang tepat untuk segera dieksekusi.

5. Jadilah Raja Tuntas

Selesaikan segera semua pekerjaan yang telah ada secepat dan seefektif mungkin agar jadwal berikutnya bisa segera dilaksanakan. Dalam hal ini, seni mengatur fokus diperlukan. Kalian harus bisa fokus ketika hal penting ada di depan mata untuk dieksekusi. Tuntaskan hari itu juga, karena hari esok akan ada hal lain atau hal baru yang menanti kalian.

Ini salah satu kebiasaan The Winners yang harus kalian miliki. Jika kebiasaan tuntas ini mengakar dalam diri kalian, maka pencapaian hebat akan silih berganti menghampiri kalian. Ingat waktu tidak menunggu kalian, ia akan terus bergerak sesuai kodratnya. Tugas kalian adalah memaksimalkan penggunaaan waktu tersebut agar waktu itu menjadi berguna.

6. Delegasikan Tugasmu kepada Ahlinya

Mendelegasikan tugas memang tidaklah mudah. Apa lagi mengingat seringnya orang terdekat malah menyelewengkan amanah yang kita berikan. Tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan cara ikhlaslah mengajarkan dan mendelegasikan tugas-tugas positif yang bisa kalian delegasikan. Ajari mereka, dan kembangkanlah mereka secara tulus, ini adalah pahala bagi kita. Jikalau kita nantinya dikhianati, maka Tuhan juga tidak tidur untuk menghitungnya.

7. Aturlah Gadgetmu!

Aku rasa ini penting ditegaskan bahwa gadget alat bantu untuk mencari informasi, belajar dan bertransaksi bisnis. Bukan eforia dalam kebahagiaan semu. Jika diperhatikan secara mendalam sebenarnya jika waktu 3 jam habis untuk media sosial, maka kalian membuang waktu 21 jam seminggu, 84 jam dalam sebulan dan 1.008 jam dalam setahun. Dan itu terbuang SIA-SIA tanpa produktivitas sama sekali.

8. Dorong Terus Dirimu untuk Mengalahkan Pesaingmu

Bagiku kompetisi yang sehat sangat penting, karena dengan adanya kompetisi dalam hidup semakin membuat kita lebih besemangat dalam menjalankan hidup yang penuh dengan struggle. Tetapi kali ini, kita akan fokus ke pesaing terberat kita, yaitu diri sendiri. Jika kalian malas, kalahkan rasa malas itu. That's how success peoples do.

9. Kebiasaan Rapi akan Membantumu

Jika semua hal dalam hidup mu tertata dengan baik dan rapi. Maka itu dapat menghemat persekian detik waktumu. Misalkan saja, pada pagi hari ketika mau berangkat sekolah, kalian lupa menaruh dasi kalian dimana karena kalian menaruh di sembarang tempat. Itu akan membuat, waktu kalian terbuang hanya untuk mencari dasi tersebut. Now, you have to organize all of the stuff in the right place.

10. Mendengarkan Musik Semangat

Ada kalanya dimana kita merasakan jenuh dan bosan akibat padatnya aktivitas yang kita jalani. Nah, ada baiknya kalian memulai mendengarkan musik kesukaan kalian. Biasanya, aku lebih suka mendengarkan lagu genre RnB Barat walaupun beberapa kalimat ga ngerti artinya haha. Ada banyak sekali musik-musik yang mendukung semangat kita untuk segera kembali "on".
Just play on your favorite song!

11. Jaga Keharmonisan dengan Orang yang Dicintai

Sesibuk apapun kita, tentunya semua perjuangan ini pasti akan kembali ke rumah. Itulah mengapa permasalahan di rumah, terkadang berdampak besar terhadap waktu dan produktivitas kita. "Rumah" yang dimaksud di sini bukan hanya orang tua, tapi bisa juga pasangan, kerabat, tetangga, atau unsur kedekatan lainnya yang langsung menyentuh perasaan. Keep in touch with beloved people in ur life, call them, despite hanya bertukar kabar. Tapi itu sangat berarti bagi kita maupun mereka.

12. Tidur Siang

Jangan menyepelekan tidur siang, tokoh-tokoh dunia seperti F. Kennedy, Napoleon Bonaparte atau Winston Churchill adalah pemilik kebiasaan tidur siang. Menariknya, waktu istirahat tidur siang malah dapat mendongkrak kinerja dan produktivitas kalian.

Dengan tidur siang otak kita bisa beroperasi lebih baik sepanjang hari, konsentrasi yang tinggi, belajar serta mengingat hal-hal penting lebih baik. Masalah umum seperti sering lupa, susah menghafal atau kesulitan dalam fokus mungkin disebabkan oleh kekurangan tidur atau jarang tidur siang. Ini cara sederhana yang memberikan dampak luar biasa. Baca juga Tips Ampuh Meningkatkan Daya Ingat

Kalo ga percaya, coba deh tonton 3 idiots, film India, profersornya selalu tidur siang disertai dengan alunan musik klasik haha

13. Istirahatlah Ketika Waktunya

Tidur adalah obat alami yang Tuhan ciptakan untuk kita. Tetapi terkadang kita menyepelekannya. Istirahatlah dengan semestinya, kalian tidak bisa memaksakan diri kalian dalam keadaan fisik yang lemah. Jaga selalu jam tidur kalian setiap hari. Untuk orang dewasa, dedikasikan waktu sekitar 7-9 jam sehari untuk tidur. Maka semua strategi dapat terlaksana dengan baik.

14. Ibadah Sebagai Pondasi Terkuat

Banyak orang sukses mempunyai kekuatan spiritual yang baik. Mereka percaya akan Tuhan. Contohnya saja, Merry Riana, yang terkenal dengan mimpi sejuta dolarnya. Ia menempatkan Tuhan diatas segalanya. Tuhan ada, Tuhan mendengar, Tuhan mengabulkan mimpi-mimpi kita.


So, that's all tips that i can share for you. I hope you really apply it in your daily life. If there's things that you want to add, please leave a comment below. Thank you! Xoxo
Read More

March 11, 2017

10 Tips Ampuh Meningkatkan Daya Ingat dengan Cepat dan Mudah

Tips Ampuh Meningkatkan Daya Ingat dengan Cepat dan Mudah

Setiap orang memiliki kualitas ingatan dan konsentrasi yang berbeda-beda. Ada orang yang memiliki ingatan dan konsentrasi yang kuat, tetapi ada juga yang memiliki ingatan yang lemah. Bagi kalian yang mempunyai ingatan dan konsentrasi yang kuat, tentu tidak menjadi masalah. Tetapi akan lain halnya bagi kalian yang memiliki kesulitan dalam mengingat dan konsentrasi. Hal tersebut dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas kalian. Ingatan kita layaknya organ tubuh yang lain yang membutuhkan latihan teratur agar selalu dalam kondisi baik. Daya ingat memerlukan pelatihan khusus agar tetap dalam kondisi prima dan kemampuannya meningkat.

Adapun beberapa faktor yang dapat membuat menurunnya kemampuan daya ingat seseorang diantaranya, kurang tidur, mengkonsumsi alcohol atau obat-obatan, depresi, kurangnya konsumsi vitamin B12 dan lain-lain.

Ada beberapa cara sederhana, yang dapat kalian ikuti untuk menjaga daya ingat kalian tetap dalam kondisi prima, dan juga teknik yang benar-benar dapat membantu kalian memperbaiki kondisi dan kinerja daya ingat kalian.

1. Tidur yang cukup

Durasi tidur yang dilakukan setiap harinya sangat penting dan berpengaruh pada kesehatan karena ketika tubuh kurang tidur meskipun hanya satu malam, maka hormon dalam tubuh akan terganggu diantaranya hormon yang mengatur mood seseorang. Selain itu, efek negatif kurang tidur juga salah satunya bisa membut seseorang menjadi lebih gemuk.

Durasi waktu tidur akan berbeda pada setiap kelompok usia karena hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh masing-masing. Kisaran waktu tidur untuk anak remaja adalah 8-10 jam sehari, sedangkan kisaran waktu tidur untuk orang dewasa adalah 7-9 jam sehari.

2. Rutin berolahraga

Olahraga meningkatkan sistem peredaran darah. Bahkan latihan sehari-hari yang sederhana tapi rutin seperti berjalan cepat dapat meningkatkan kinerja jantung dan memperlancar sirkulasi oksigen ke otak. Manfaat olahraga berpengaruh positif pada banyak sistem tubuh, khususnya daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya. Cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari dalam latihan yang sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang.

Terbukti secara ilmiah bahwa berjalan kaki selama 2,5 jam setiap minggu secara substansial akan meningkatkan daya ingat pada orang-orang di atas usia 50 tahun. Jadi mulai sekarang, kalo pergi ke warung yang jaraknya deket, mending jalan kaki ajalah ya…

3. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Apa yang kita makan setiap hari, mempengaruhi kinerja dan kondisi daya ingat kita dalam jangka panjang. Ciri-ciri umum dari makanan ini adalah mereka kaya akan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi sistem saraf.

Ingatlah bahwa untuk mendapatkan asupan vitamin yang cukup dalam tubuh kalian, lebih baik untuk makan lebih banyak buah dan sayuran daripada menelan vitamin formulasi. Alasannya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin kalian juga menyerap nutrisi yang berguna lainnya yang bertindak untuk melengkapi dan mendukung kerja vitamin.

Beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya ingat kalian adalah:
  • Sayuran berdaun hijau, bayam, kubis, selada
  • Brokoli dan kembang kol
  • Berbagai macam berry, buah delima
  • Kacang-kacangan (kacang merah, kacang almond, dll)
  • Ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel
  • Minyak zaitun dan minyak nabati lainnya
  • Dark Chocolate

4. Bermain

Semakin kalian sering melatih otak kalian, semakin kalian membantu daya ingat kalian tetap bugar. Ada banyak permainan yang dapat meningkatkan kemampuan intelektual kalian, sekaligus juga berkontribusi untuk hubungan sosial yang lebih baik, seperti backgammon, catur, teka-teki dan banyak permainan papan lainnya. Selain itu, adapun game-game seru yang dapat meningkatkan logika dan daya ingat kalian, seperti Lumosity, Plants vs Zombie, The Curse, Game 2048, Brain Wars, dll. Just go to play store and download the apps! hahaha

5. Memulai kebiasaan baru

Setiap kali kalian mengharuskan pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang baru, kalian berarti memicu kekuatan baru untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pertimbangkan untuk merubah layout kamar kalian, mengoleskan selai pada roti dengan cara yang berbeda atau dengan mata tertutup, mengenakan baju dengan satu tangan, atau belajar menggosok gigi dengan tangan yang lain. Kalian dapat memikirkan beberapa ide lain untuk melatih otak dan membantu meningkatkan daya ingat kalian.

6. Menjalin hubungan sosial di lingkungan sekitar

Interaksi sosial dapat merangsang otak. Selain itu, hubungan saling mendukung dalam keluarga akan menjaga tingkat stres tetap rendah sehingga mencegah produksi hormon cortisol yang berlebih. Manusia pada dasarnya memiliki keramahan yang melekat. Semakin sosial kalian, semakin baik untuk otak kalian. Mengisolasi diri akan merusak banyak sistem tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa otak dan jantung memiliki banyak keuntungan hubungan keluarga dan sosial yang baik.

Sehubungan dengan konteks ini, kalian bisa menjadi relawan untuk memberikan bantuan dimana masyarakat membutuhkan kalian, atau bahkan berpartisipasi dalam kelompok terorganisir, yang sesuai dengan kepentingan kalian sendiri. Jika kalian memiliki hewan peliharaan misalnya, kalian dapat bersosialisasi dengan orang lain yang juga memiliki hewan peliharaan dan mendiskusikan dengan mereka masalah yang relevan serta mengembangkan hubungan yang lebih erat.

7. Menulis

Menulis aktivitas dan hal penting dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kamu. Cara ini menurut saya sangat mudah untuk dilakukan. Jika kamu khawatir lupa tentang sesuatu yang penting maka tulislah di buku harian atau selembar kertas. Aktivitas menulis menciptakan aliran oksigen ke area otak sehingga sesuatu yang kamu tulis akan mudah diingat daripada tidak kamu tulis. Menulis akan membantu untuk meningkatkan kapasitas memori untuk mengingat dan menghafal informasi. Get your diary before you sleep every single night. Easy right?

8. Jangan terlalu memikirkan hal yang tidak penting

Memikirkan dan melakukan banyak hal dapat membuat kamu sering lupa. Hal ini karena kamu terlalu memikirkan dan memperhatian banyak hal secara bersamaan. Kinerja otak tidak bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Misalnya kamu akan sulit membaca buku dan melakukan percakapan dengan teman pada waktu yang sama. Kondisi ini tentu menurunkan konsentrasi kamu. Otak membutuhkan sekitar delapan detik untuk menyimpan informasi dalam memori. Jadi tetaplah berusaha untuk rileks dan jangan melakukan banyak hal secara bersamaan (multitasking).

9. Relaksasi

Aktivitas relaksasi tidak rumit atau berbiaya mahal. Yang terpenting adalah tepat sasaran untuk mengatasi stres yang sedang diderita. Kalian bisa melakukan relaksasi secara rutin di rumah, baik sendiri maupun bersama kerabat. Adapun relaksasi yang dapat kalian lakukan seperti latihan pernapasan, mendengarkan music, yoga, maupun meditasi.

10. Jangan pernah berhenti belajar

Carilah topik yang menarik minat kalian dan mulailah terlibat didalamnya dengan mempelajari informasi-informasi baru dan perkembangan tentang topik tersebut. Jika memungkinkan, kalian dapat bergabung dengan kelompok yang memiliki minat yang sama dengan kalian untuk berdiskusi dengan orang-orang dalam kelompok tersebut.

Membaca, mengikuti kuliah, program, informasi di televisi dan internet, merupakan sumber pendidikan berkelanjutan untuk otak kalian yang tentu saja akan mendatangkan hasil yang bermanfaat untuk perkembangan daya ingat kalian.

Otak itu ibarat pisau, harus sering diasah kalo mau tajam.

So, segitu aja tips ampuh meningkatkan daya ingat, semoga bermanfaat bagi kalian terutama yang masih sering-sering lupa apalagi kalo pelajaran sejarah *hah. Just do all the tips for a better brain performance haha! -xoxo
Read More