June 22, 2019

Tips Mendaki Buat Pemula

Kemarin senengggggg banget bisa dikasi kesempatan buat ke IJEN. IYAA IJENNN!!!! Sebenernya, sama sekali gaada rencana buat ke ijen tahun ini. Ini sumpah dadakan banget H-2 mingguan gitu baru make decision buat ikut trip ke banyuwangi bareng temen-temen. Unpredictable banget deh! Mendaki emang jadi bucket list aku tahun 2019 ini, and surprisingly it become real!

Sebelumnya udah sempet sih denger-denger tentang Ijen. Sebenernya, aku pengen mendaki yang ringan dulu kaya Gunung Batur. Tapi apalah daya, saya tidak punya teman mendaki pada waktu itu. Trus sempet pengen ke Gunung Bromo juga karena liat foto-fotonya bagus banget pemandangannya. Untuk Gunung Ijen sendiri, punya daya tarik yang bikin aku jadi pengen kesana, salah satunya blue fire dan kawahnya yang warnanya ijo toska gitu. FYI, Ketinggian Gunung Ijen sekitar 2.779 mdpl.
Kita berasa ada diatas awan heheh. Photo by @junaikd
Pertama kali mendaki? Ngerasa cemas gitu ga sih? Apalagi aku punya riwayat asma, yaa walaupun sekarang udah jarang kambuh, tapi denger-denger bau belerangnya bikin sesak nafas. Lahh... kalo kambuh disana gimana? Ga kebayang berapa orang yang nanti aku susahin kalo beneran kambuh. Tapi syukurnyaaa.. semuanya berjalan dengan lancar. Senang sekaligus bangga banget sama diri sendiri. I did it! Untuk yang pertama kali mendaki kaya aku, langsung aja aku mau ngasi tips mendaki nih. 


1. Latihan fisik sebelum mendaki dan istirahat yang cukup 
Ini ga mutlak memang, tapi alangkah baiknya fisik kita juga disiapin sebelum mendaki. Aku sendiri 2 minggu sebelum berangkat mulai intens jogging 2 hari sekali, karena aku masih parno gitu loh karna ini pendakian pertamaku. Aku juga punya riwayat asma, jadi menurutku olah raga sebelum mendaki itu penting sih. Nah, olah raga juga bikin badan kalian ga sakit loh setelah mendaki. Aku ngerasain banget. Temen-temenku pada ngeluh sakit kaki dll. Aku malah sama sekali gaada sakit apa apa, pegel juga engga, cuma ngantuk aja haha. 
Sebelum mendaki aku saranin sih sebelumnya kalian istirahat dulu. Di deket tiket masuk mendakinya ada semacam lapangan luas. Nah disana kalian bisa istirahat di tenda gitu. Kalo kemarin sih aku cuma tidur 3 jam di mobil karena kita males nyewa tenda hahaha.

2. Bawa makanan yang cukup 
Waktu mendaki pastikan kalian bawa roti yah. Pokoknya yang bisa ganjal lapar kalian. Aku sendiri di pertengahan jalan kaya ngerasa udah capek trus laper. Ternyata, waktu selesai makan roti tenaga serasa kembali lagi. Makannya jangan banyak banyak juga, secukupnya aja. Kalo kalian capek jangan malu untuk minta istirahat dulu. Baca juga Trip Murah Ke Banyuwangi Cuma 300ribuan!

3. Bawa kayu atau tongkat 
Menurut aku, kayu itu ngebantu banget buat mendaki karna terasa lebih mudah aja buat naiknya. Kayu bisa dicari dulu di sana sebelum mendaki. Tapi kalo yang kesananya bareng pacar, yaa bisalah gandengan sama pacar aja hehehe.

4. Bawa keperluan mendaki 
Ini penting banget guys, kalian kalo mau mendaki harus pake jaket yang tebel, sarung tangan, masker respirator dan kacamata google, kaos kaki, sepatu (yang ada geriginya), penutup kepala, celana traning (usahakan tidak memakai jeans yaa). Kalo kalian males bawa perlatan mendaki kalian juga bisa sewa di @oryzaes (instagram), sewanya bisa H-1 yaa guys. Bukan maksud promosi, tapi kemaren masnya baik banget ngelayanin kita. Maunya kita nyewa pisau karena takut ada apa apa dijalan ke ijennya, tapi kata masnya ga perlu karena pejalanan ke ijen aman. Walaupun dia sewain pisau juga, tapi masnya mau ngasi tau mana aja yang perlu disewa dan mana yang ga perlu. 
Ini nih tokonya guys.

5. Drivernya Menguasi Medan
Mendaki ke ijen itu lumayan banyak rintangannya sih. Super deg degan banget. Jalan dari tiket masuk ke tempat parkirnya sangat membahayakan. Tanjakannya lumayan tajem banget. Jadi disarankan kalo kesana naik mobil harus dipastikan bahwa supirnya udah jago dalam menghadapi seluruh medan yaaaa. Kalo belum yakin, mending sewa mobil + supir ajadeh. Ingat yaa keselamatan tetep nomor satu.

6. Mendaki Dini Hari 
Harus bangettttt, kalian ga boleh ketinggalan keindahan sunrise dari atas sana. Indah banget! Kemarin aku mulai mendaki jam set 2 (sebenernya niatnya jam 1 cuma ngantri tiket mendakinya lama bener dah) trus nyampe puncak sekitar jam set 4. Dan tak lupa jangan sampai ketinggalan fenomena blue fire-nya karena blue fire cuma keliatan pas gelap. FYI, fenomena ini cuma ada 2 dunia yaitu Indonesia dan Islandia. Makanya ga heran banyak turis yang dateng kesini. Buat ke blue fire-nya sendiri kalian harus turun ke bawah lagi. Kemaren sih aku ga ke bawah karena jam 11 malem sebelum mendaki itu kawahnya ngeluarin gas beracun jadi kita ga boleh turun. Sayang sekali. Tapi dari atas juga keliatan, tapi sedikit heheh. 

7. Doa
Sebelum berangkat inget minta restu dulu sama orang tua yaa. Jangan lupa juga buat berdoa sebelum mulai mendaki. Jaga perkataan dan perbuatan kalian yaa, semoga kalian selalu diberkati.

Ini sebagian dari foto-foto di Gunung Ijen.

Ini foto blue fire-nya dari atas. Photo by @junaikd
Ini foto Kawah Ijen di pagi hari. Indah sekali bukan?

Aku dan Kawah Ijen
Ini bapak-bapak yang baru habis ngambil nambang belerang
Ini souvenir yang dijual disana.
Kalian juga bisa cek highlight instagram aku (judulnya Banyuwangi) @dwi_yantini buat liat the real of Kawah Ijen. Sumpah deh, pas mulai ada sunrise aku ngerasa tenang, damai. Ga pengen cepet-cepet turun deh asli. Pemandangannya indah banget. Sumpah ga bohong. Pengen kesana lagiiiiiii.... Menurut kalian, gunung apalagi nih yang recommended buat mendaki? Yuk langsung komen dibawah aja yaa.

Semoga dari postingan ini, ada hal-hal positif yang bisa diambil yaa. Terima kasih sudah membaca. Have a great day!
Read More