January 22, 2017

Tips Masuk Kuliah Part 1 (PTN-PTK)

Share it Please

PTK (Perguruan Tinggi Kedinanasan) adalah perguruan tinggi yang dikelola atau berada dibawah naungan kementerian/Badan/Lembaga Pemerintah yang sebagian atau seluruh biayanya ditanggung oleh yang menaungi. Contohnya : STAN (dibawah Kementerian Keuangan), STIS (dibawah Badan Pusat Statistik), Akpol (dibawah Kepolisian Negara RI), dll. Sedangkan PTN adalah perguruan tinggi negeri yang biasa kita jumpai. Contohnya: UGM, UI, Unpad, dll.

Oiya aku denger cerita kalo banyak orang yang ngelepas PTN demi PTK. Contohnya, temennya temenku. Jadi dia udah keterima FK-UGM tapi ternyata waktu pengumuman STAN, ternayata dia lulus. Dan akhirnya FK-UGM di lepas, dan ia memilih STAN. Padahal di UGM, dia itu udah bayar uang masuknya. Kata temen aku "Mending rugi belasan juta daripada ngebuang STAN". Hah? 

Nah setelah melakukan perdebatan lebih lanjut, aku menyimpulkan bahwa temen-temen aku ternyata lebih memilih PTK ketimbang PTN alasannya simple karena PTK kuliahnya gratis, dan setelah lulus dari PTK langsung dapet kerja di instansi pemerintahan. Tapi emang aku akui, untuk lulus PTK itu susahnyaaa luar biasa. Dari puluhan ribu yang mendaftar di STAN hanya ratusan doang yang keterima. Btw, dulu aku juga sempet nyoba ikutan tes USM STIS, tapi gagal di tahap awal :’) Oiya, buat kalian yang nyari STIS, soal USM STIS 2016 bisa di download disini.

Sebenarnya PTK dan PTN sama aja, sama-sama tempat untuk menuntut ilmu. Yang mana, dari keduanya pasti punya kelebihan dan kekurangan. Jadi tips untuk memilih antara PTN dan PTK adalah kalian harus mengenali perbedaan diantara keduanya. Dengan begitu, kalian dapet menentukan mana yang terbaik untuk kalian.

Perbedaan pertama : Jalur Penerimaan Mahasiswa
Jalur penerimaan mahasiswa bagi perguruan tinggi negeri (PTN) adalah melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Adapun jalur UM (Ujian Mandiri) yang dilakukan secara mandiri oleh PTN bersangkutan. Baca juga Tips Lulus SBMPTN tanpa bimbel
Jalur penerimaan mahasiswa di PTK, biasanya dilakukan sendiri-sendiri (USM) berdasarkan kebijakan PTK masing-masing. PTK seperti STAN dan STIS biasanya mengadakan USM sebelum tes SBMPTN. Menurut aku, di PTK itu lebih susah lulusnya, karena di PTK hanya ada satu jalur aja, yang mana jika kalian udah ngga lulus USM tahap pertama, maka kalian bisa mencobanya lagi tahun depan. Iya, tahun depan. Berbeda dengan PTN, kalo ga lulus SN, masih ada SB, kalo ga lulus juga masih ada UM. Jadi, jangan heran kalo nanti masuk PTK banyak yang engga seumuran sama kalian.

Perbedaan kedua : Biaya Perkuliahan
Biaya untuk kuliah di PTN, biayanya relatif tergantung masing-masing kampus. Tentunya biaya yang paling mendasar adalah biaya uang masuk, uang semester, dan biaya lain-lain.Namun dewasa ini, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan mengenai Bidikmisi, yang mana setiap mahasiswa akan dibiayai kuliahnya dan mendapat uang saku tiap bulannya. Tetapi, Bidikmisi hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu.
Sedangkan di PTK, hampir semua PTK tidak membebankan biaya kepada mahasiswa, selain itu mahasiswa juga mendapatkan uang saku selama pendidikan. Di STIS, uang saku per bulannya +-800ribu.

Perbedaan Ketiga : Sistem Pendidikan
Sistem pendidikan di PTN umumnya sistem pendidikan yang berorietasi pada pengembangan bidang ilmu tertentu. Artinya murni pada pengembangan mata kuliah yang dipilih. Sehingga pendidikan bersifat teoritis.
Sedangkan PTK, mengutamakan sistem pendidikan yang mengarah pada pembekalan kemampuan teknis, artinya mahasiswa diberikan pendidikan yang lebih fokus pada penerapan ilmu di dunia kerja (instansi pemerintahan). Jadi kalau bagi calon mahasiswa yang ingin mengembangkan bidang ilmu sampai ke jenjang yang lebih tinggi, mungkin akan lebih baik jika memilih PTN. Sebab kalau di kuliah di PTK, ada ketentuan yang mewajibkan lulusan bekerja/mengabdi selama beberapa tahun yang disebut masa ikatan dinas jadi selama waktu tersebut alumni tersebut tidak diberi izin melanjutkan kuliah.

Perbedaan Keempat : Prospek Lulusan
Dapat dikatakan bahwa lulusan dari universitas umum tidak ada jaminan untuk mendapatkan pekerjaan. Kecuali jika sebelumnya sudah ada kontrak dengan pihak lain. Namun lulusan PTN memiliki kesempatan yang besar untuk lansung melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2 – S3 ). Karena tidak ada ketentuan yang mewajibkan bekerja terlebih dahulu.
Sedangkan untuk lulusan PTK, sudah diberi jaminan pekerjaan yang pasti karena memang pada dasarnya tujuan dari pendidikan PTK adalah untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada instansi pemerintah yang bersangkutan.

Itulah sekilas tentang perbedaan antara PTN dan PTK. Semoga dapat menjadi pertimbangan bagi adik-adik sekalian dalam memilih perguruan tinggi. Jangan sampai salah memilih perguruan tinggi yaa. Good Luck!

No comments:

Post a Comment