March 18, 2017

14 Tips Mengatur Waktu yang Efektif agar Lebih Produktif dalam Keseharian

Mengatur Waktu agar Lebih Produktif

Bill Gates, Microsoft. Mungkin nama yang tidak asing di telinga kita. Bill Gates adalah orang terkaya no. 1 di dunia. Lalu apa yang membedakan kita dengannya? Padahal kita sama-sama diberi waktu 24 jam sehari, sama-sama bisa tidur, sama-sama bisa menikah dan punya keluarga. Tapi mengapa perbedaan taraf hidup dan penghasilan begitu berbeda?

Hal paling fundamental dan mencolok adalah WAKTU yang ia gunakan begitu bernilai mahal di mata dunia. Ini yang menarik untuk dipikirkan. Artinya, kita semua punya kesempatan yang sama untuk menyamai atau belebihi seorang Bill Gates. Asal waktu yang kita gunakan sama pentingnya seperti kebiasaan-kebiasaan (habit) yang telah ia lakukan setiap hari.

Kebanyakan orang sukses mempunyai kebiasaan (habit) yang kurang lebih sama. Dua diantaranya adalah CEO top dunia, Bob Iger (CEO Disney) dan Tim Cook (CEO Apple) mempunyai kebiasaan yang patut untuk dicontoh.

Bob Iger, Ceo Disney memiliki kebiasaan penuh disiplin yaitu bangun pukul 04.30 setiap harinya. Kemudian waktu itu ia manfaatkan untuk membalas e-mail masuk, melihat berita di TV, membaca koran, dan mendengarkan musik-musik positif yang dapat membuat semangat dalam menjalani rutinitas harian.

Tim Cook, CEO Apple memiliki kebiasaan bangun pagi. Dari beberapa sumber yang aku baca, ia bangun pukul 04.00 dan langsung membalas e-mail, kemudian pukul 05.00 dia sudah mulai berolahraga di tempat gym. Ia juga dikenal sebagai pimpinan yang datang lebih awal ke kantornya, dan pulang lebih akhir.

Dari kedua CEO tersebut, dapat kita perhatikan bahwa mereka bangun lebih awal. Memulai aktivitas lebih awal. Obviously, mereka juga menggunakan waktu se-efektif mungkin.

Agar waktu yang kalian punya semakin efektif dan mengantarkan kalian pada pencapaian-pencapaian terbaik yang kalian inginkan, maka kalian harus lakukan langkah-langkah ini.

1. Membuat Rencana Kerja Harian Secara Detail di Waktu Malam Hari Sebelum Tidur

Segala yang teratur maka mudah untuk diukur, begitu juga dengan waktu dan kegiatan harian kalian. Semakin teratur maka semakin baik produktivitas kalian. Dalam hal ini, kalian harus memiliki sebuah agenda. Agenda yang penuh dengan catatan-catatan harian. Ingat, sukses adalah perjalanan panjang yang dimulai dari langkah-langkah kecil setiap harinya. Komitmen kalian untuk berubah dari hal-hal kecil seperti ini akan mengundang sukses besar kalian di masa depan.

2. Buat Skala Prioritas

Berikan urutan di setiap tindakan yang telah diatur di hari sebelumnya. Dari mulai yang terpenting sampai yang tingkat kepentingannya kurang. Sehingga kalian akan tau aktivitas apa saja yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Sehingga kalian mengerti prioritas yang akan kalian kerjakan atau yang akan kalian tunda. Tapi jangan ditunda-tunda terus yaa..

3. Tegas Menjalankan Rencana Harian Kalian

Dalam menjalankan rencana-rencana harian kalian akan dihadapkan pada berbagai tawaran-tawaran yang terkadang dapat membelokkan kalian dari tujuan awal. Disinilah komitmen kalian diuji.

Mulai sekarang kalian harus bisa mengatakan "Tidak" untuk hal-hal yang diluar rencana kalian, yang tentunya tidak berfaedah sama sekali bagi masa depan kalian. Misalnya, ketika kalian diajak untuk pergi ke mall untuk sekedar jalan jalan atau berbelanja, padahal di hari yang sama kalian masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Just say "No" to your friend. Walaupun nantinya kesetiakawanan kalian dipertanyakan. Tapi daripada kalian membuang waktu kalian untuk hal yang tidak berfaedah? Let's think about it. Jalan sesekali boleh, asal jangan terlalu sering. Manfaatkan waktumu untuk hal-hal yang sekiranya dapat berguna di masa depan kalian.

4. Tunda Hal yang Kurang Penting

Memang menunda adalah hal yang dilarang untuk kalian yang ingin sukses di usia muda. Tetapi menunda dalam konteks ini adalah menunda hal yang kurang penting tetapi tetap harus dilaksanakan. Hal-hal yang penting tetap didahulukan, dan di bawah itu kalian boleh tunda sampai waktu yang tepat untuk segera dieksekusi.

5. Jadilah Raja Tuntas

Selesaikan segera semua pekerjaan yang telah ada secepat dan seefektif mungkin agar jadwal berikutnya bisa segera dilaksanakan. Dalam hal ini, seni mengatur fokus diperlukan. Kalian harus bisa fokus ketika hal penting ada di depan mata untuk dieksekusi. Tuntaskan hari itu juga, karena hari esok akan ada hal lain atau hal baru yang menanti kalian.

Ini salah satu kebiasaan The Winners yang harus kalian miliki. Jika kebiasaan tuntas ini mengakar dalam diri kalian, maka pencapaian hebat akan silih berganti menghampiri kalian. Ingat waktu tidak menunggu kalian, ia akan terus bergerak sesuai kodratnya. Tugas kalian adalah memaksimalkan penggunaaan waktu tersebut agar waktu itu menjadi berguna.

6. Delegasikan Tugasmu kepada Ahlinya

Mendelegasikan tugas memang tidaklah mudah. Apa lagi mengingat seringnya orang terdekat malah menyelewengkan amanah yang kita berikan. Tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan cara ikhlaslah mengajarkan dan mendelegasikan tugas-tugas positif yang bisa kalian delegasikan. Ajari mereka, dan kembangkanlah mereka secara tulus, ini adalah pahala bagi kita. Jikalau kita nantinya dikhianati, maka Tuhan juga tidak tidur untuk menghitungnya.

7. Aturlah Gadgetmu!

Aku rasa ini penting ditegaskan bahwa gadget alat bantu untuk mencari informasi, belajar dan bertransaksi bisnis. Bukan eforia dalam kebahagiaan semu. Jika diperhatikan secara mendalam sebenarnya jika waktu 3 jam habis untuk media sosial, maka kalian membuang waktu 21 jam seminggu, 84 jam dalam sebulan dan 1.008 jam dalam setahun. Dan itu terbuang SIA-SIA tanpa produktivitas sama sekali.

8. Dorong Terus Dirimu untuk Mengalahkan Pesaingmu

Bagiku kompetisi yang sehat sangat penting, karena dengan adanya kompetisi dalam hidup semakin membuat kita lebih besemangat dalam menjalankan hidup yang penuh dengan struggle. Tetapi kali ini, kita akan fokus ke pesaing terberat kita, yaitu diri sendiri. Jika kalian malas, kalahkan rasa malas itu. That's how success peoples do.

9. Kebiasaan Rapi akan Membantumu

Jika semua hal dalam hidup mu tertata dengan baik dan rapi. Maka itu dapat menghemat persekian detik waktumu. Misalkan saja, pada pagi hari ketika mau berangkat sekolah, kalian lupa menaruh dasi kalian dimana karena kalian menaruh di sembarang tempat. Itu akan membuat, waktu kalian terbuang hanya untuk mencari dasi tersebut. Now, you have to organize all of the stuff in the right place.

10. Mendengarkan Musik Semangat

Ada kalanya dimana kita merasakan jenuh dan bosan akibat padatnya aktivitas yang kita jalani. Nah, ada baiknya kalian memulai mendengarkan musik kesukaan kalian. Biasanya, aku lebih suka mendengarkan lagu genre RnB Barat walaupun beberapa kalimat ga ngerti artinya haha. Ada banyak sekali musik-musik yang mendukung semangat kita untuk segera kembali "on".
Just play on your favorite song!

11. Jaga Keharmonisan dengan Orang yang Dicintai

Sesibuk apapun kita, tentunya semua perjuangan ini pasti akan kembali ke rumah. Itulah mengapa permasalahan di rumah, terkadang berdampak besar terhadap waktu dan produktivitas kita. "Rumah" yang dimaksud di sini bukan hanya orang tua, tapi bisa juga pasangan, kerabat, tetangga, atau unsur kedekatan lainnya yang langsung menyentuh perasaan. Keep in touch with beloved people in ur life, call them, despite hanya bertukar kabar. Tapi itu sangat berarti bagi kita maupun mereka.

12. Tidur Siang

Jangan menyepelekan tidur siang, tokoh-tokoh dunia seperti F. Kennedy, Napoleon Bonaparte atau Winston Churchill adalah pemilik kebiasaan tidur siang. Menariknya, waktu istirahat tidur siang malah dapat mendongkrak kinerja dan produktivitas kalian.

Dengan tidur siang otak kita bisa beroperasi lebih baik sepanjang hari, konsentrasi yang tinggi, belajar serta mengingat hal-hal penting lebih baik. Masalah umum seperti sering lupa, susah menghafal atau kesulitan dalam fokus mungkin disebabkan oleh kekurangan tidur atau jarang tidur siang. Ini cara sederhana yang memberikan dampak luar biasa. Baca juga Tips Ampuh Meningkatkan Daya Ingat

Kalo ga percaya, coba deh tonton 3 idiots, film India, profersornya selalu tidur siang disertai dengan alunan musik klasik haha

13. Istirahatlah Ketika Waktunya

Tidur adalah obat alami yang Tuhan ciptakan untuk kita. Tetapi terkadang kita menyepelekannya. Istirahatlah dengan semestinya, kalian tidak bisa memaksakan diri kalian dalam keadaan fisik yang lemah. Jaga selalu jam tidur kalian setiap hari. Untuk orang dewasa, dedikasikan waktu sekitar 7-9 jam sehari untuk tidur. Maka semua strategi dapat terlaksana dengan baik.

14. Ibadah Sebagai Pondasi Terkuat

Banyak orang sukses mempunyai kekuatan spiritual yang baik. Mereka percaya akan Tuhan. Contohnya saja, Merry Riana, yang terkenal dengan mimpi sejuta dolarnya. Ia menempatkan Tuhan diatas segalanya. Tuhan ada, Tuhan mendengar, Tuhan mengabulkan mimpi-mimpi kita.


So, that's all tips that i can share for you. I hope you really apply it in your daily life. If there's things that you want to add, please leave a comment below. Thank you! Xoxo

No comments:

Post a Comment